Senin, 11 Oktober 2010

Pendaftaran Penerimaan CPNS 2010 Segera Dibuka

SAMARINDA. Kepada yang berminat untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), segera mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Termasuk "belajar lagi" terkait tes tertulis yang akan dijalani.
Soalnya, Pemkot Samarinda kembali akan membuka lagi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2010. Ini dilakukan menyusul turunnya persetujuan dari Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).
Disebutkan, proses rekrutmen dan seleksi atau pengadaan CPNS tahun ini dilakukan guna mengisi kekosongan formasi. Formasi ini lowong disebabkan adanya PNS yang berhenti, meninggal dunia dan adanya pengembangan atau perluasan organisasi.
"Rekrutmen PNS dilakukan sesuai kebutuhan jumlah dan mutu pegawai yang kompetensi jabatan sangat diperlukan," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Samarinda Suryawan Atmadja kepada Sapos kemarin.
Suryawan mengatakan, penerimaan CPNS ini akan diumumkan secara transparan dan seluas-luasnya. Guna memberikan kesempatan kepada seluruh WNI yang berminat.
"Nanti kita umumkan di media massa, media lokal, nasional, hingga internet. Ini bentuk reformasi birokrasi dalam rekrutmen CPNS. sebab setiap WNI (Warga Negara Indonesia) punya hak melamar di seluruh daerah asalkan punya kompetensi," terangnya.
Menurutnya, penerapan pendaftaran tetap sama dengan sebelumnya. Pelamaran datang kantor pos untuk menghindari tatap muka antara si pelamar dengan penerima lamaran. Sekaligus mencegah terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan seleksi.
Pemerintah berupaya mengarahkan dalam proses seleksi. Yakni harus sesuai ketentuan yang mempunyai prinsip objektif, transparan, kompetitif, akuntabel, bebas KKN, tanpa intervensi dari pihak manapun, tidak diskriminatif dan tidak dipungut biaya apapun.
"Makanya pelaksanaan rekrutmen PNS, dalam penyusunan soal berdasarkan kisi-kisi yang ditetapkan pemerintah dan pengolahan LJK (lembar jawaban komputer), BKD bekerjasama dengan perguruan tinggi negeri di Samarinda," ungkapnya.
Namun untuk waktu pelaksanaan, kata Suryadi, masih menunggu petunjuk teknis (juknis) lebih lanjut dari Menpan. "Yang pasti dalam waktu dekat. Ya sekitar tiga bulan terakhir ini, bisa juga Oktober ini tergantung juknis dari Menpan-RB kapan mengabarkannya. Di situ baru ketahuan berapa jumlah dan formasi saja yang diperlukan," sebutnya.
Ia menambahkan, penerimaan CPNS akan dilaksanakan serentak se-Indonesia. Tapi seleksi CPNS tetap dilaksanakan sesuai kompetensi. "Jadi surat-surat, seperti ijazah, sudah bisa disiapkan. Pengumuman penerimaan CPNS ini dilaksanakan secara online dan bisa dilihat juga di website Menpan RB, sehingga terbuka untuk pelamar dari luar daerah," pungkasnya. (air)

Sumber : www.bkdsamarinda.web.id

0 komentar:

Poskan Komentar